Selamat Datang Di Desa Laubuluh Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo  

Visi dan Misi

Desalaubuluh | 23 Agustus 2016 20:48:28 | 145 Kali

 VISI DAN MISI

VISI

Visi pembangunan desa adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi desa yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan desa yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai sinergi, kebijakan, program. Dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penetapan visi pembangunan desa, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan desa, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu desa mencapai kondisi yang diharapkan.

Visi Pembangunan Desa Lau Buluh Tahun 2017-2022 disusun berdasarkan sumber utama dari visi Kepala Desa yang terpilih melalui proses pemilihan Kepala Desa secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Tahun 2002 dan 2007 belum menyusun RPJMDes, maka visi dan misi dalam RPJM-Desa ini ditetapkan untuk tahun 2017-2022, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Lau Buluh seperti Pemerintah Desa, BPD, LPMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat desa pada umumnya.

Visi Pembangunan Desa tahun 2017-2022 ini disusun dengan memperhatikan/ mengacu visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karo 2017-2022. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Lau Buluh Tahun 2017-2022 adalah:

"Mewujudkan Desa Lau Buluh yang Religius, Sejahtera dan Berbudaya".

Secara khsusus, dijabarkan makna dari visi pembangunan desa yang sangat diperlukan untk membangun kesamaan persepsi, sikap (Komitmen), dan prilaku (Partisipasi) segenap pemangku kepentingan ( Stakeholder) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama lima tahun kedepan.

Religius adalah merupakan suatu kondisi masyarakat yang senantiasa berpegang teguh pada keyakinan beragama. Karena di Desa Lau Buluh penduduk nya ada yang beragama islam, Kristen dan Khatolik, toleransi antar umat beragama adalah cita-cita setiap individu yang hidup dilingkungan yang sangat kental budaya dan peradatan suku Karo. Sehingga terciptanya suatu kebersamaan, kepedulian dan rasa social yang tinggi diantara umat beragama untuk membangun Desa Lau Buluh kearah yang lebih maju.

Sejahtera. Konsep sejahtera menunjukan kondisi kemakmuran suatu masyarakat, yaitu masyarakat yang terpenuhi kebutuhan ekonomi (Marteril) maupun social (Spiritual); dengan kata lain kebutuhan dasar masyarakat telah terpenuhi secara lahir dan bahtin secara adil dan merata dengan menitikberatkan pada peningkatan kwalitas sumberdaya manusia yang berdaya saing dan berdaya guna dan meningkatkan pembangunan perekonomian desa yang berbasis pada potensi desa yang berdaya jual dan berdaya saing.

Adapun indicator secara ilmiah adalah tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan sehingga meningkatkan pendapatan perkapita pada tingkat yang lebih tinggi, menurunnya tingkat penggangguran, menurunnya jumlah penduduk miskin terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh herdasarkan

keunggulan kompetitif, meningkatnya kualitas sumber daya manusia, meningkatnya kualitas kehidupan beragama, meningkatnya peranan perempuan dalam pembangunan, meningkatnya profesionalitas aparatur pemerintah desa untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa dan bertanggung jawab yang mampu mendukung pembangunan desa.

Berbudaya. Konsep berbudaya menunjukan bahwa masyarakat Desa Lau Buluh yang masih berpegang teguh pada adat karo, dalam kehidupan sehari-hari baik pada acara perkawinan, kematian dan acara-acara sosial lain nya masih berpegang teguh untuk menjalankan budaya peradatan suku karo. Sehingga walaupun berbeda-beda agama diantara masyarakat yang ada di Desa Lau Buluh tetapi tetap terjalin toleransi mengingat Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh, Perkade-kaden sepuluh dua tambah sada menjadi salah satu sumber pemersatu dibalik keyakinan beragama masing-masing masyarakat.

 

MISI

Misi pembangunan desa adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah desa, sesuai visi pembangunan desa yang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan desa dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, maka misi pembangunan desa Lau Buluh Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo Tahun 2017 2022 dapat dirumuskan sebagai berikut :

 Mewujudkan masyarakat Desa Lau Buluh yang religius.

Misi:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  2. Meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman masyarakat terhadap agama.
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup bertoleransi antar umat beragama.

Mewujudkan Masyarakat Desa Lau Buluh yang sejahtera.

Misi :

   Pembangunan.

-Meningkatkan pembangunan infrastruktur desa.

-Meningkatkan sumber daya alam yang ada.

-Meningkatkan peran aktif BPD, LPMD, Tokoh Masyarakat dalam Pembangunan Desa.

-Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berswadaya membangun Desa.

 

  Pemerintahan.

-Menciptakan sistem pemerintahan yang baik dan demokratis.

-Memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat membedakan Latar belakang politik, ekonomi dan sosial

 

   Kemasyarakatan.

-Peningkatan dan pengembangan usaha simpan pinjam di desa.

-Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban dan kerukunan warga.

-Mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui peran aktif ibu-ibu PKK, Posyandu, dan organisasi lainya.

-Mewujudkan masyarakat Desa Lau Buluh yang Berbudaya.

-Meningkatkan peran tokoh-tokoh adat dalam pembangunan desa.

-Mendorong didirikannya lembaga adat desa.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Video Profil

Info Media Sosial